Karakter Pemimpin, Apa yang Harus Dibangun ?

#Value#Karakter#Leadership

Karakter apa sih yang diperlukan seorang pemimpin? Ini seringkali menjadi pertanyaan setiap kali pembahasan mengenai karakter dibahas. Pada umumnya setiap orang adalah pemimpin, minimal adalah memimpin dirinya sendiri. Namun ketika Anda dipercayakan untuk memimpin orang lain, Anda perlu mengasah ilmu kepemimpinan salah satunya adalah membangun karakter Anda sendiri. selain menjadi dapat dipercayai, hal penting apa yang harus Anda lakukan untuk membangun karakter seorang pemimpin ? berikut jawabannya.


Dalam memimpin, Anda perlu memusatkan fokus kepada visi yang akan dicapai dan target yang harus dipenuhi. Selain kompetensi yang harus Anda latih, Anda pun harus memiliki karakter yang berorientasi kepada proses tugas dan penyelesaian tugas. Ini penting untuk memastikan tanggungjawab yang sudah dipercayakan kepada Anda berjalan sesuai dengan yang sudah direncanakan. Ketegasan, menjaga ketertiban dan alur kerja serta berani mengambil resiko dengan pertimbangan sangatlah dibutuhkan dalam kepemimpinan. Membuat tim Anda yakin bahwa bekerjasama dengan Anda membuat mereka memaksimalkan potensi dan berkompetensi lewat proses dan target kerja yang Anda berikan.


Disisi lain, Anda pun harus menyadari bahwa Anda bekerjasama dengan manusia lainnya. Manusia yang memiliki pikiran dan perasaan ketika mereka bekerjasama dengan Anda. Karakter selanjutnya yang harus Anda latih adalah berorientasi kepada hubungan atau manusia. Akan ada waktunya, tim Anda butuh dimotivasi, dihibur dan dimengerti. Anda perlu melatih untuk memiliki empati dan menjadi komunikator yang baik. Seorang pemimpin haruslah juga menjadi seorang konselor dan mediator bagi tim nya. Kesalahan beberapa pemimpin adalah terlalu fokus dalam membangun bisnis dan pekerjaannya tetapi mengabaikan manusia yang bekerja bersamanya. Tidak banyak pemimpin yang berhasil mencapai mimpinya namun kehilangan orang kepercayaannya karena ia gagal membangun dan menghargai hubungan saat bekerja. Jika Anda seperti ini, Anda harus membayar lebih untuk mengulang, melatih dan belajar mempercayai orang baru dalam tim Anda. Karena itu, latihlah untuk menciptakan budaya kerja yang sehat dimana tim Anda merasa nyaman sekalipun sedang ada konflik dan tantangan kerja yang terjadi.


Menjadi pemimpin tidaklah mudah tetapi akan menjadi susah jika Anda sama sekali tidak berusaha. Mari kita terus membangun karakter kita menjadi seorang pemimpin yang bisa dipercaya.


Karakter adalah respon yang benar.

Always right response

Saat situasi tidak benar, kita tetap berespon benar.

Saat orang lain tidak benar, kita tetap berespon benar.

8 views

© 2020 Power Character. All Rights Reserved.