Apa Itu Kebenaran??

#Value #Integritas #Karakter #Mindset #Kebenaran #Solidtruth #Generaltruth #Socialtruth


Di dalam hidup ini, terdapat setidaknya 3 level kebenaran. Yang pertama adalah kebenaran Ilahi (solid truth). Isi kebenaran ini adalah seperti: Dunia ini diciptakan oleh Tuhan dan oleh karena itu tujuan hidup semua ciptaan Tuhan adalah untuk memuliakan Tuhan. Kebenaran ini berlaku universal, melintasi wilayah geografis dan waktu.


Kebenaran yang lebih rendah dari level pertama ini adalah kebenaran kemanusiaan (general truth). Isi dari kebenaran level kedua ini adalah seperti: Setiap manusia diciptakan sederajat di mata Tuhan; Pendapat setiap orang berarti namun tidak semuanya benar; Semua orang memiliki tanggung jawab dan setiap orang yang bertanggung jawab layak mendapatkan upahnya; dan seterusnya. Kebenaran ini berlaku di kebanyakan tempat di dunia, terutama di negara-negara atau wilayah yang mengakui hak-hak asasi manusia.


Kebenaran di level yang terendah atau di level ketiga, adalah kebenaran kontekstual (social truth). Kebenaran ini bersifat lokal dan hanya mengatur orang-orang yang ada di wilayahnya. Kebenaran-kebenaran di level ini adalah seperti: Peraturan negara, budaya sebuah suku, peraturan sebuah perusahaan, standar kerja sebuah perusahaan, peraturan di sebuah keluarga, dan seterusnya.


Menyepakati sebuah dasar kebenaran yang sama akan dapat menghindari ketidakpastian yang memicu emosi-emosi negatif. Sebaliknya, berelasi dengan sekelompok orang yang menggunakan dasar kebenaran yang berbeda-beda, justru akan menimbulkan perpecahan dan kehancuran.


Di dalam sebuah tempat kerja, segala bentuk peraturan perusahaan adalah dasar kebenaran yang dapat kita jadikan dasar integritas bersama.Itu sebabnya sebaiknya peraturan perusahaan mengatur segala aktivitas yang terjadi di dalam tempat kerja.Jika terdapat peraturan mengenai aktivitas-aktivitas kerja tertentu yang tidak Anda sepakati, kemukakan dengan sopan dan dengan alasan atau argumentasi yang tepat kepada orang-orang yang tepat.


Solusi dari perbedaan dasar integritas, selalu adalah kesepakatan bersama. Tanpanya, komunitas Anda hanya akan terpecah-pecah dan akan menghasilkan emosi-emosi negatif yang mengancam banyak orang.Namun melalui kesepakatan, Anda akan memberkati banyak orang.


Karakter adalah respon yang benar. Always right response


Saat situasi tidak benar, kita tetap berespon benar. Saat orang lain tidak benar, kita tetap berespon benar.


© 2020 Power Character. All Rights Reserved.