Sebab Akibat


Hidup ini bisa dipandang dari berbagai sudut. Umum nya ketika hal buruk terjadi manusia cenderung akan mencari kambing hitam. Padahal kita mungkin punya andil sehingga terjadi hal yang buruk. Sebab kita menanam maka kita akan menuai. Sebab kita bekerja maka kita akan memperoleh hasil. Sebab kita beristirahat maka kita akan menjadi segar. Tetapi ada pula yang negatif. Sebab kita malas maka kita akan menjadi rugi, sebab kita berbohong maka kita tidak dipercaya, sebab kita iri maka kita akan menjadi benci.


Dalam kehidupan selalu ada sebab akibat. Hukum sebab akibat adalah hukum kekekalan sampai kapanpun akan tetap berlaku bagi siapapun, untuk apapun tidak ada yang terkecuali. Di dalam Hukum Sebab Akibat tercakup hukum alam dan hukum kehidupan. Contoh suatu kecambah misalnya, berasal dari biji atau benih dan pertumbuhannya tergantung pada tanah, kelembaban, suhu dan matahari. Jika terdapat suatu kondisi yang kurang, maka kecambah tersebut tidak akan dapat tumbuh.


Namun tentu saja dalam hukum sebab akibat ada hal yang harus dipahami bahwa ini terkait dengan kemampuan untuk memprediksi kemungkinan atau dampak yang akan terjadi diwaktu yang akan datang. Patut disadari bahwa selalu akan ada perubahan ketika ada penambahan dalam segi kehidupan. Baik itu penambahan tanggung jawab atau penambahan resiko yang terjadi. Dan yang tidak kalah penting adalah bahwa kehidupan yang saat terjadi berasal dari sebab dan akibat yang terus berlangsung sampai kapanpun.


Ada banyak hal positif yang bisa kita petik dengan memahami hukum sebab akibat. Kita menjadi lebih bijaksana menyikapi apa yang terjadi. Baik atau buruk hal tersebut dan mampu berespon benar sekalipun barang orang atau situasi dalam kondisi yang tidak benar. Lebih mudah menikmati kesejahteraan dan meraih sukses yang dicita-citakan melalui hubungan baik yang dibangun dengan niat tulus kepada siapapun dan pada ujung nya akan membuat hidup kita lebih maksimal.


Akan tetapi perlu dipahami bahwa hidup ini seperti mata uang yang memiliki dua sisi. Sehingga perlu disadari bahwa bisa diantara kita ada kecerobohan, keacuhan, keserakahan, kenaifan, kemalasan, kebodohan, kemerosotan moral, kemunafikan, kebohongan, ketidak benaran, kebencian dan kemarahan.


Yang jadi pertanyaan bagaimana agar kita bisa menikmati dampak yang baik dari hukum sebab akibat? Beberapa hal yang bisa kita lakukan adalah Menjaga pikiran yang benar akan membuat kita mampu berespon dengan benar.  Menjaga hati yang benar sehingga membuat kita mampu menolong kita dari emosional berlebihan. Selanjut nya menjaga ucapan yang benar sehingga dapat membangun kepercayaan bagi diri sendiri maupun orang lain dan secara sadar memilih respon yang benar akan membuat kita bertindak benar.


Pada akhirnya harus dipahami bahwa hukum sebab akibat akan terus terjadi dalam hidup kita dan jika ingin mendapatkan akibat benar maka itu merupakan perpaduan Pikiran yang benar ditambah Hati yang benar dan ucapan yang benar.

Karakter adalah respon yang benar.

Always right response


Saat situasi tidak benar, kita tetap berespon benar.

Saat orang lain tidak benar, kita tetap berespon benar.

18 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua