Law of Commitment

#Value#Karakter#Komitmen

Banyak orang menganggap bahwa hal yang sulit dilakukan adalah memulai suatu hal. Langkah pertama dianggap begitu berat dan tampak mustahil dilakukan. Lalu menilai jika langkah pertama sudah dilakukan maka tujuan akan secara otomatis bisa dengan mudah tercapai. Langkah pertama yang dimulai memang akan mempengaruhi keyakinan untuk langkah berikut nya. Namun tanpa komitmen atau tekad yang kuat maka langkah pertama yang spektakuler pun bisa jadi putus ditengah jalan. Komitmen atau tekad yang bulat tidak ada kaitannya dengan pengetahuan atau kemampuan. Pengetahuan dan kemampuan yang tinggi pun pada akhir nya tidak akan berarti apa-apa tanpa komitmen atau tekad yang kuat. Komitmen atau tekad yang bulat lah yang akan memastikan bahwa seseorang yang menerima tanggung jawab akan mengerjakannya hingga tuntas apapun halangan atau tantangan yang dihadapi. Bahkan tak jarang komitmen atau tekad yang kuat dapat mengalahkan kemampuan atau keahlian yang tinggi. Komitmen merupakan kesepakatan diri untuk memenuhi janji yang dibuat. Seseorang yang memiliki komitmen atau tekad kuat akan berupaya semaksimalnya untuk mampu mencapai garis akhir, memenuhi target yang ditetapkan dengan tetap fokus pada apa yang akan dicapai. Namun harus diakui untuk menjadi orang yang berkomitmen tinggi tidak lah mudah. Ada banyak tantangan yang dihadapi. Seringkali kesulitan atau rasa sakit yang dialami melemahkan komitmen dan memilih untuk mundur. Dan terkadang karena banyak nya ide atau kemauan yang banyak justru membuat tidak bisa fokus pada apa yang mau dicapai sehingga ketika melakukan suatu tindakan cenderung tidak sungguh-sungguh atau seadanya. Untuk dapat memiliki komitmen yang tinggi harus lah dimulai dari pikiran yang positif dan secara sadar membuat perencanaan jangka panjang dan jangka pendek serta target- target apa yang akan dicapai disertai tindakan nyata apa yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan dan target yang telah dibuat.

Demi tercapainya target dan tujuan yang mau dicapai sangat kita perlu mengkomunikasikan kepada orang-orang yang percaya yang bisa memberikan dukungan baik pengetahuan maupun moril. Harus disadari bahwa sekalipun kita memiliki tekad yang kuat tak jarang kita bisa merasa ragu ketika menghadapi tantangan yang berat. Dan harus dipastikan bahwa janji yang telah dibuat dilakukan dengan sepenuh hati dengan penuh tanggung jawab.


Sangat manusiawi jika suatu komitmen harus diuji untuk menjadi komitmen yang kuat.Dan ketika ujian itu datang bisa jadi melemahkan semangat sehingga komitmen mulai goyah. Namun dengan kekuatan pikiran serta tetap fokus pada tujuan yang mau dicapai dan dikerjakan dengan sepenuh hati maka komitmen kuat itu akan mengantarkan seseorang dapat memenuhi tanggung jawab nya.


Adalah lebih bijaksana jika sejak awal kita tidak mudah menjanjikan sesuatu tanpa perhitungan matang dan janji merupakan kekuatan untuk memenuhi tanggung jawab yang dibuat.

Karakter adalah respon yang benar.

Always right response

Saat situasi tidak benar, kita tetap berespon benar.

Saat orang lain tidak benar, kita tetap berespon benar.

3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

© 2020 Power Character. All Rights Reserved.