Daya Tahan


Ketahanan Mental atau Adversity merupakan kemampuan untuk mengontrol jumlah masalah yang masuk dalam hidup kita. Meskipun kita tahu bahwa bisa saja ada banyak masalah tak terduga terjadi. Namun mampu membatasi dan memilah-milah masalah mana yang menjadi prioritas untuk diselesaikan disertai kejelian mengetahui akar masalah yang terjadi agar mampu diselesaikan secara tuntas.

 

Orang dengan Adversity yang tinggi memiliki kelebihan diantaranya tangguh dan tahan menghadapi berbagai jenis ujian. Tidak mudah menyerah saat menghadapi berbagai tekanan, selalu tekun menjalani segala sesuatu. Memiliki pengharapan meskipun didepan mata ada banyak tantangan. Orang - orang yang demikian akan melihat setiap kesempitan menjadi sebuah kesempatan besar.


Harus diakui bahwa ada beberapa hal yang membuat seseorang tidak mampu bertahan, seperti mudah menyerah terutama ketika masalah semakin berat, tidak mau belajar hikmah dari sebuah peristiwa, dan fokus pada rasa takut gagal, takut malu, takut salah dan dimarahi. Kekhawatiran yang berlebihan ini bisa melemahkan dan membuat pola pikir yang salah. Pola pikir yang salah akan menghasilkan tindakan yang salah pula.

 

Untuk bisa menjadi orang dengan daya tahan yang kuat harus dimulai dari persepsi yang benar tentang masalah yang dihadapi belajar untuk menghadapi seberat apapun dan bukan malah menghindar, senantiasa berusaha mendapatkan hikmah dari setiap peristiwa seberat apapun itu serta selalu bersyukur dalam setiap keadaan.


Jika disimpulkan karakter orang yang memiliki Adversity kuat adalah berfikir benar, menguasai emosi, berespon benar terhadap situasi apapun. Harus diingat Setiap kemenangan sejati selalu dihasilkan dari sebuah perjuangan yang melahirkan ketangguhan.

Karakter adalah respon yang benar.

Always right response


Saat situasi tidak benar, kita tetap berespon benar.

Saat orang lain tidak benar, kita tetap berespon benar.

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

© 2020 Power Character. All Rights Reserved.