Apakah Anda Pemimpin yang Baik?

Updated: Dec 28, 2020

#Value#Karakter#Leader


Apa yang terpikir dalam benak Anda, ketika Anda diberikan kesempatan untuk menjadi seorang leader baik di perusahaan tempat Anda bekerja saat ini maupun di organisasi tempat Anda bergabung?


Sudahkah Anda menyiapkan diri untuk dapat menjadi seorang leader yang disegani oleh tim Anda? Atau mungkin Anda ingin menjadi seorang leader yang diktator dan menakutkan buat tim?


Dewasa ini kami banyak sekali menemui seorang leader yang tidak paham akan fungsinya. Banyak dari mereka yang mendapat “rejeki nomplok” menjadi seorang leader tetapi ada juga leader yang muncul karena mereka bergerak dari bawah bekerja mati-matian dan sibuk mengusahakan yang baik untuk dapat mencapai posisi dengan sebutan leader. Pertanyaan terbesarnya adalah Sudah siapkah Anda menjadi seorang leader?


Leader berbeda dengan seorang Bos, seorang leader tidak hanya memberikan sebuah instruksi dan menggunakan kewenangan yang dimiliki. Leader yang baik akan memberikan dukungan dan arahan kepada timnya agar dapat mencapai sebuah keberhasilan. Tidak jarang seorang leader terjun langsung dalam perjuangan timnya, atau dengan kata lain seorang leader tidak hanya berfokus pada hasil yang dicapainya tapi juga melihat proses pencapaiannya.


Menjadi seorang leader tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, Anda harus paham dengan tugas dan tanggungjawab sebagai seorang leader serta menjalankan fungsinya dengan baik. Power Character menemukan ada 7 (tujuh) fungsi yang harus dimiliki oleh seorang leader, yaitu:

1. Leader as Manager

2. Leader as Validator

3. Leader as Trainer

4. Leader as Coach

5. Leader as Counselor

6. Leader as Mediator

7. Leader as Problem Solver


Ketujuh fungsi ini tidak terlepas dari sistem Human Resources Character Management (HRCM) yang kami miliki, seorang leader harus paham akan HRCM System (entry gate system, remuneration, appraisal, recovery system, exit gate sytem). Ketika Anda paham akan sistem yang berjalan, memahami apa yang menjadi harapan perusahaan dan Anda dapat menjalankan ketujuh fungsi sebagai seorang leader yang kami sebutkan di atas, kami yakin Anda dapat menjadi seorang leader yang disegani dan dicintai oleh tim kerja Anda. Selamat berlatih & mengembangkan diri Anda menjadi seorang leader.

Karakter adalah respon yang benar.

Always right response

Saat situasi tidak benar, kita tetap berespon benar.

Saat orang lain tidak benar, kita tetap berespon benar.



4 views0 comments

© 2020 Power Character. All Rights Reserved.